Azan Terakhir

Saturday, January 14, 2023

 Aku baru tahu, ternyata saat bapak dalam prosesi pemakaman, adekku adalah orang yang mengumandangkan azan terakhir 😭


Jujur aku sempat nggak percaya 'masak sih? Kan adek nggak pakek hazmat,' ucapku.

Keraguan ini tentu bukan tanpa alasan mengingat prosesi bapak disalatkan sampai dimakamkan bener-bener ketat :( 


Aku pun baru benar-benar percaya adikku mengumandangkan azan terakhir saat hal ini dikonfirmasi oleh saudara-saudaraku :(


Aku dan ibuku bener-bener baru tahu hal ini hari ini. 4 Desember 2022 :') 


Selama ini, nggak ada yang bercerita pada kami, termasuk adik.


-


Saat mendengarnya, hatiku begitu berkecamuk, ada rasa bangga, syukur meski tak kupungkiri hatiku juga sangat sesak mengingat kematian bapak :( 


"Semua yang dateng ke pemakaman nangis semua,"


Aku pikir kalimat tersebut hanya 'kata orang angin lalu' sampai aku baru bener-bener percaya saat mendengarnya sendiri dari saudaraku.


***


Mendengar cerita tersebut, aku semakin paham ...

Adikku pun mengalami duka yang begitu berat.


Segala 'upaya terakhir' telah ia perjuangankan semaksimal mungkin.


Jika aku begitu pahit menyaksikan kematian dari kejauhan. Adikku pun mungkin jadi orang yang paling terluka hari itu.

Melihat, menyaksikan sendiri ayah nya tiada di depan mata 😭


-


Dia memutuskan pulang dari Surabaya disaat tak ada satupun transportasi yang bisa dikendarai, begitu sampai langsung menunggu bapak di rumah sakit, sekaligus bolak balik merawat aku dan ibuku yang sakit.


Berhari2 ia berjuang sampai akhirnya Allah berkehendak lain.

Saat bapak dikabarkan tiada, ia pun harus datang ke RS sendirian!

Mengurusi pemakaman sendirian, wira-wiri, menerima tamu sendirian.


Maka pecah tangis saat pulang pemakaman wajar bila tak terbendung.


Pasti berat sekali rasanya mengumandangkan azan terakhir di jenazah bapak yaa dek.

Tapi aku bangga bangettt. Alhamdullillah, ada hal baik yang bisa kamu lakukan untuk terakhir kalinya, sedang aku? Mungkin hanya bisa meratapi duka kehilangan yang begitu berat ini :'


Dek, youre such a good son! Kamu bener-bener anak berbakti yang layak jadi anak kesayangan bapak sama ibu.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS