Pertanyaan Ngeselin dikala Lebaran

Sunday, June 9, 2019

Aku pernah kok berada di momen-momen dimana males banget ketemu orang-orang,  lebih-lebih sama sodara karena sering dapet omongan yang nggak enak.

Dari kecil aku selalu ditanya,

"Dapet ranking berapa ?"

Pertanyaan setiap tahun yang harus aku telan seumur masih sekolah.
Aku seperti merasa stress di usia dini ketika dapet pertanyaan-pertanyaan kayak gitu.
Sedih pasti ya. Gausah ditanya lagi.
Yagimana ? Dulu pas SD aku gapernah dapet ranking, tapi semua sodara-sodaraku dapet ranking. Aku 12 tahun sekolah di sekolah swasta, sodara-sodaraku sekolah di sekolah negeri yang bagus (katanya).

Pertanyaan 'ranking berapa' hanya membuat aku merasa diremehkan, disudutkan, dan berakibat sakit hati yang terlalu membekas :))

Belum lagi masa-masa lulus SMA dimana aku nggak ketrima perguruan tinggi negeri, wah jangan ditanya omongan "nggak enak" apa saja yang aku terima.
Sangking banyaknya udah nggak inget karena gamau diinget-inget lagi. Sakit hati banget banget banget soalnya! Haha
Tapi ada sih yang masih aku inget, kayak gini misalnya :

"Ra mlebu negeri berarti koe ra pinter nhoo"
"Rawani melu mudik soale isin ra sekolah negeri"

Dll

Namun, kini ku menyadari, omongan-omongan pedas itulah yang "membentuk" mentalku semakin kuat di kemudian hari.

Seperti hari ini :)

Jadi aku sangaaatttt paham ketika temen-temenku ngrasain gimana rasanya ditanyain pertanyaan-pertanyaan nggak enak sama sodara, gimana rasanya kumpul keluarga itu bukan jadi momentum yang menyenangkan buat aku malah jadi momen yang bikin "males banget"
Aku pernah merasakan itu semuanya.

Walopuuuun, aku juga masih punya sodara yang baik sih. Yang nggak ngurusin urusan orang, yang nggak nyakitin aku dengan pertanyaan yang nggak penting, yang bisa jaga sikap bahkan yang ketika aku jauh dari ibu bapak mereka nyamperin aku dan 'menjamu' aku dengan sangaat baik, ada juga. Hehe

Pengalaman masa kecil itulah, yang membuat aku memahami beberapa teman yang mungkin merasa punya sodara nggak rasa sodara, nggak deket dan merasa beban ketemu sodara, ngrasa nggak nyaman, dll.
I know what you feel.

Dan, satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah :
BODOAMAT!
Ini klise sih, tapi its the one and only way gais :))
"Kamu cuma punya 2 tangan dan kamu gabisa nutup banyak mulut diluar sana. Kamu cuma punya 2 tangan buat nutup telinga kamu"
Pernah denger kalimat tersebut kan pasti ? Dan yeah, its totally true!!

Kemarin ada sih tetangga sodara sama sodara yang nge body shaming.in aku, kalo aku memilih sakit hati ya aku bakalan emosi, marah, pengen ngatain, dll. Tapi aku memilih buat "sak karepmu. I love my body dengan segala kelebihan dan kekuranganku. Yang penting sehat, bisa beraktivitas, dan nggak gunain my body buat nyakitin orang lain kayak mulut dia" hhehe

Alhamdulillah iam fine.

Ada juga kemarin yang nanyain
"kapan nih undangannya"
"Udah belum ?"

Wkwk lucu malahan.
Bingung aku tu sebenernya 'ni maksud pertanyaan nya udah belum gimana sih'
Tapi yaa aku cuma jawab 'beluum. Masih skripsi. Hehe'
Lebih banyak nanggepin dengan senyuman.

Sejauh lebaran ini aman. Aku malah bisa lebih berpositif thinking dan mengarahkan omongan-omongan tersebut kedalam Doa.

Pertanyaan-pertanyan
"Kapan lulus ?"
"Kapan nikah ?"
"Kapan punya anak ?"
"Kapan ngasih adek lagi ?"
Dan pertanyaan ngeselin lainnya tuh akan selalu ada gais.
Kalo sanggup mengedukasi sodara-sodara yang kayak gitu bagus sih. Biar bisa buat pembelajaran, tapi kalo nggak bisa, yaudah gausah di gagas, terbangkan jauh-jauh pertanyaan yang bikin penyakit hati tersebut. Karena kalo dimasukkan kedalam hati, yang sedih siapa ? Kita. Yang down siapa ? Kita. Yang rugi siapa ? Kita.

Capek berkali lipat laah kita ini.

Guys, kita nggak bisa memilih saudara yang sudah menjadi takdir kita.
(Ini nasihat untuk diriku sendiri sih btw)
Yang bisa kita lakukan hanyalah mem-filter apa yang perlu dan nggak perlu masuk kedalam diri kita.
Capek banget kalo segala omongan yang nyakitin kita pikirin banget-banget. Ngapain ? Mereka aja nggak peduli sama kamu.
Fokus aja sama hal-hal yang bikin kamu bahagia. Dan sumber kebahagiaan itu bisa dari arah mana saja.

Keluarga itu bisa jadi ujian juga.
Rasulullah juga punya paman yang jahat kan sama beliau ?
Abu Lahab, Abu Jahal.

Perbanyak sabar, luaskan ikhlas.
Insya Alloh, kita bakal jadi orang yang "naik kelas"

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS